Selamat Datang Di duniasport757.blogspot.com - Kumpulan Artikel Seputar Olah Raga, Berita Unik & Otomotif dari dalam negeri & Internasional. Selamat Menikmati.

Saturday 16 March 2019

Cara Mengatasi Kemasukan Air Pada Knalpot Mobil

DuniaSport757- Di beberapa kota di Indonesia, banjir sudah menjadi langganan saat musim hujan, seperti di Jakarta. Jika sudah banjir, jelas akan merepotkan siapapun.

Apalagi banjir juga tak jarang menggenangi jalan raya. Sbelum memutuskan menerjang genangan air itu, ada baiknya untuk memikirkan dampaknya untuk kendaraan. PokerOnline.

Air yang masuk ke knalpot mobil, contohnya. Memang, air tak akan masuk ke dalam mesin. Tapi tetap bisa mengganggu kinerja mesin, tetapi tak merusaknya secara langsung.

Yang harus lebih diperhatikan adalah sistem kelistrikan pada mobil. Menurut laman resmi Nissan Indonesia, air yang masuk justru akan menumpuk pada catalyc converter yang berfungsi menyaring gas buang.

Air yang menumpuk ini akan menyulitkan saat mesin dinyalakan. Tapi seiring pemakaian, air pada bagian tersebut akan berubah menjadi uap.

Sistem kelistrikan mobil dan mesin bisa terancam jika ada air yang berhasil masuk. Sistem kelistrikan mobil yang biasa disebut dengan electronic control unit (ECU) biasanya berada di dua okasi, yakni kabin dan ruang mesin.


Saat akan menerjang banjir, pastikan bahwa posisi ECU lebih tinggi ketimbang permukaan air. Dengan begitu risiko terjadinya korsleting akibat komponen listrik yang terkena air bisa dihindari.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kelistrikan lainnya seperti alternator, soket, sekring, injektor, kabel, serta relay. Biasanya, komponen-komponen tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung agar terhingar dari air. Tapi ada baiknya untuk tak sembarangan memperlakukan mobil, jika tak ingin keluar biaya banyak.

Jika mobil terpaksa menerjang banjir, setelahnya pastikan untuk mengganti saringan udara. Sebab, jika komponen ini tak berjalan dengan baik, bisa berdampak secara langsung pada mesin.

Kopling juga jadi komponen yang tak boleh dilewatkan. Banjir bisa membuat kopling terasa berat, karena bisa saja ada tumpukan karat yang menghambat pergerakannya. SakongOnline.
(sumber asli artikel ini dari otosia.com)
Share:
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Agen Judi Online

Website Bonus Daftar
Xodomino 2x Cashback DAFTAR
Klikbndar88 2x Cashback DAFTAR
Domino757 2x Cashback DAFTAR
Inipoker 2x Cashback DAFTAR
Poker757 2x Cashback DAFTAR
CgoAsia Rollingan 1,25% DAFTAR
Klikbola88 Rollingan 1,25% DAFTAR

Postingan Populer